PRESENTASI METODOLOGI QURANUNA

Januari 26, 2009

THIS IS THE QURANUNA METHOD

THIS IS THE QURANUNA METHOD

Ahad, 27 Juli 2008

Kira-kira ada 150an ibu guru atau pun kepala sekolah TADIKA (Taman Pendidikan Kanak-Kanak) dan TABIKA (Taman Bimbingan Kanak-Kanak), di Indonesia biasa disebut dengan istilah TK (Taman Kanak-Kanak). Mereka dengan antusias mengikuti pelatihan.

Sebenarnya pelatihan ini bukan untuk promosi Metode Quranuna. Karena Allah SWT berkehendak melalui kebaikan hamba-Nya yang bernama Doktor Azizan (dosen di Universtias Kebangsaan Malaysia). Beliaulah yang memberi ruang kepada saya untuk tampil mempresantasikan Quranuna. Ini juga disebabkan karena saya tinggal di Asrama Haluan Penyayang (AHP) dibawah pimpinannya dan membantu proses tarbiyah bagi anak-anak di asrama.

Masa yang diberi 20 menit saja, namun tak terasa satu jam melebihi jatah yang sudah ditetapkan. Mohon dimaklum. Banyak juga pertanyaan dari ibu-ibu yang datang dari seluruh penjuru negeri Selangor dan Shah Alam. Karena waktu yang membatasi pula, bagi peserta yang ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan boleh sms ke +60143650252 atau e-mail ke quranunaclub@yahoo.com.

Hafazan dengan bahasa isyarat.

Fasilitator memeragakan salah satu metode hafazan dengan gerak tubuh atau bahasa tubuh. Dimulai dengan senam gerak tangan dengan telunjuk menunjuk ke bawah sambil digerakkan naik-turun dua kali, peserta diminta untuk mengucapkan kata al yauma (pada hari ini), tangan kanan dengan kelima jari menutup mulut peserta diminta mengucapkan kata nakhtimu ‘ala afwahihim (kami tutup/kuncji mulut mereka), kedua tangan dengan jari-jari dibuka-tutup seperti mulut burung peserta diminta mengucapkan wa tukallimuna aidihim (dan berkata kepada kami tangan mereka), kedua tangan dengan memegang kedua kaki dan kaki ditepuk-tepuk atau digerak-gerakkan peserta diminta mengucapkan wa tasyhadu arjulum (dan bersaksi kaki mereka), dan terakahir kedua tangan diangkat ke atas dan digerakkan ke belakang kepala seakan membuang sesuatu, peserta diminta mengucapkan bimaa kaanuu yaksibun (karena apa yang telah mereka usahakan).

Demikianlah peragaan menghafal satu ayat dari Surah Yasin (QS. 36 : 65). Peserta langsung hafal dan memahami artinya. Inilah salah satu metode Quranuna.

Satu Tanggapan to “PRESENTASI METODOLOGI QURANUNA”

  1. koranindependen said

    Great ! Para anak2 Muslim amat perlu secara dini diperkenalkan kepada Qur’an. Banyak orang tua Muslim sekarang yang tak bisa baca Qur’an. Ini akibat dari waktu kecil mereka yang tak diajari Kalam Illahi itu.
    Wassalamu alaikum warohmatullahi wa barakatuh….
    Jika ada waktu kunjungi saya di http://koranindependen.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: