Metode Tahfizh Lengkap(2)

Maret 20, 2009

Bukit Naga, 20-03-2009

Percayalah dengan sepenuh hati bahwa jika anda singkirkan mitos-mitos negatif maka anda akan mulai tahfizh (menghafal) bi idznillah dengan permulaan yang menyenangkan dan menakjubkan.

Dan sekarang kita berpindah kepada Langkah Signifikan …Apakah anda, kalian, berminat atau berhajat TAHFIZH benar-benar dari dalam diri kalian dengan sungguh-sungguh dan bukan basa-basi semata?

Di sana ada perbedaan besar antara orang yang ‘betul-betul berminat’ dengan orang yang hanya ‘sekedar berangan’ dengan perkataan; “Aku ingin hafal Al-Quran dan mahu mencubanya…”

Berhentilah dari ‘berangan-angan’, dan tetapkanlah ‘keinginan’ anda dan sekarang katakanlah dengan sepenuh hati, jujur dan semangat membara, “Yes…dengan izin Allah SWT. Ya, betul. Saya benar-benar ingin hafal Al-Quran bi idznillah.”

Katakanlah dengan penuh keyakinan, nescaya Allah SWT akan membukakan jalan keberhasilan untukmu, dan Allah SWT benar-benar akan memberimu, karena Dia-lah Allah SWT Yang Maha Pemurah.

والكريم إذا أعطى أدهش

Dan Allah Yang Maha Pemurah jika memberi sangat mencengangkan.

Seorang wanita mendengar ungkapan tersebut di atas. Kemudian ia terkesan sekali dengan ungkapan tersebut dan berkata: “Bi idznillah ta’ala, saya akan hafal Al-Quran kurang dari 2 bulan. Ia pun mempelajari Metode Tahfizh Lengkap ini, yang akan kita bahas. Wanita membayangkan dirinya betul-betul hafal Al-Quran kurang dari 2 bulan dan mematrikan selalu di dalam benaknya, Dan Allah Yang Maha Pemurah jika memberi sangat mencengangkan. Ia membayangkan dirinya khatam Al-Quran di hari Arofah dan jama’ah haji semua sedang berkumpul di Arafah, padahal saat itu ia sebenarnya sedang di Al Jazair, dan ia berdoa kepada Allah SWT agar mengabulkan doanya agar khatam 30 juz di saat manusia sedang wuquf di Arafah…dan itu benar-benar terjadi. Ia telah hafal Al-Quran di malam tersebut (wuquf).

Betapa mencengangkan…berapa lamakah ia telah hafal Al-Quran…??? (47 hari saja dan dengan kualitas hafalan cukup baik dan menakjubkan. Ia pun berkata, “Sungguh Al-Quran telah menyinari rumahku dan juga menyinari dada ku. Dan aku benar-benar telah menjadi ‘diriku yang lain’, aku telah terlahir kembali…Subhanallah.

So…tunggu apa lagi?

Tetapkanlah sekarang Apakah anda benar-benar ingin hafal Al-Quran 30 juz penuh, muncul dari dalam diri kalian dengan mantap? Dan nescaya kemampuan Tahfizh anda benar-benar meningkat hingga 3 kali lipat bi idznillah. Ya, munculkanlah keinginan dari dalam diri kalian, bahawasanya Allah SWT tidak mungkin menolak orang yang telah berdiri di depan pintu-Nya.

Sebelum kita memulai dengan Langkah-Langkah (Metode) Tahfiz Lengkap, Izinkanlah saya memaparkan beberapa keutamaan Al-Quran (Fada-ilul Quran):

* Al Imam Muslim meriwayatkan dari Nabi SAW bahawasanya beliau bersabda yang ertinya; “ Bacalah Al-Quran kerana sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pembaca(ahli)nya.”

Ya Allah jadikan lah kami orang-orang yang membaca Al-Quran, menghafaz nya dan menjadi ahlinya.

* Apakah anda suka untuk menjadi ahlul Quran? Na’am (ya) Yaa Rabb…Katakanlah dari hati yang paling dalam dengan segenap kemampuan, singkirkan setiap was-was (bisikan) syaitan dan singkirkan setiap ketakutan dan keraguan serta kesusahan, juga singkirkan setiap kata mustahil, kata aku tidak mampu. Dan letakkan lah semua kata-kata tersebut di luar otakmu.

* Al Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Musa Al Asy’ari radiallahu anhum berkata; “Perumpamaan orang mukmin yang membaca Al-Quran ibarat buah utrujah baunya sedap dan rasanya lezat. Dan perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Quran ibarat buah tamar (kurma) tidak ada baunya akan tetapi rasanya manis. Sedangkan perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Quran ibarat raihanah,harum baunya akan tetapi rasanya pahit dan perumpamaan orang munafik yang tidak baca Al-Quran ibarat buah hanzholah, baunya busuk dan rasanya tengik. …

Anda suka yang mana? dan jenis buah yang mana yang anda suka?

Ya Allah Ya Dzal Jalaali wal ikraam, jadikanlah kami umpama utrujah, baunya harum dan rasanya lezat, katakanlah; Aaaamiiiin, katakanlah ‘amin’ dari lubuk hati yang paling dalam.

* dan dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma sebagaimana yang diriwayatkan At Turmudzy telah berkata: Rasulullah shalllahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang di dalam kerongkongan nya tidak sesuatu pun dari Al-Quran itu seumpama rumah kosong.”

Dan Rasulullah juga bersabda: “Barangsiapa mendengar satu ayat dari kitabullah maka baginya dicatat sebagai kebaikan yang berlipat ganda, dan barangsiapa membacanya maka baginya cahaya di hari kiamat.” (dikatkan hadits ini dhaif)

Sabdanya yang lain, “Hendaklah kamu membaca Al-Quran karena ia akan menjadi cahaya untukmu di bumi dan dzikir di langit.” (AlBani berkata, hadits ini shahih lighairihi) Sabdanya lagi, “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan dilipat gandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”

So…ganjaran(pahala) nya memang benar-benar berlimpah. Aku menginginkan agar anda mengambil pengajaran dari pengalaman masa lalu, dan tanyakan diri anda seberapa jauh hajatku dan keinginanku untuk hafal Al-Quran? Apakah anda benar-benar ingin hafal 30 Juz? Dan betulkah anda ingin merealisasikan keinginan anda hafal kitabullah? Mulai sekarang buatlah ketetapan dan jagalah diri (keinginan) anda, singkirkan semua keraguan dan kekhawatiran yang menghalang dan mengganggu dari tahfizh. Sebab ketika anda menginginkan sesuatu tentunya anda bersedia dan bersiap siaga untuk menggapainya meski dengan menghadapi berbagai-bagai kemungkinan, maka percaya dirilah bahwa anda akan berhasil. Dan itu semua memiliki konsekuensi logis berupa perhatian penuh dari waktu anda, juga kesungguhan. Namun demikian, saya memberi khabar gembira untuk anda bahawa semua yang anda telah berikan untuk tahfizh Al-Quran dari waktu dan kesungguhan, Allah subhanahu wa ta’ala akan menggantinya untuk anda dengan kebahagiaan, kelezatan, kesenangan dan kejayaan bi idznillahi ta’ala.

Ayo! anda memulai dan mencoba kemauan anda segera. Ketahuilah bahawa kekuatan kemahuan anda bisa merubah nya menjadi kenyataan. Dan jika anda memiliki kekuatan ‘kemahuan’ tersebut itu bi idznillah anda dapat melawan berbagai-bagai macam keputusasaan, kemerosotan atau pun cibiran orang-orang yang suka mencibir. Ingatlah anda telah menemukan kekuatan dan kemahuan anda, maka segeralah memulai dengan izin Allah subahanahu wa ta’ala.

Kepada anda, wahai orang yang memiliki kemahuan untuk menghafal Al-Quran, inilah 10 Langkah (Metode) Tahfiz yang kreatif dan inovatif, kreatif di dalam mendapatkan hafalan yang kuat dan cara muraja’ah (mengulang-ulang)nya…

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: